Sabtu, 15 November 2014

Organisasi dalam Manajemen

Unsur Organisasi:

1. Wadah untuk bekerja sama
2. Terdiri atas sedikitnya dua orang
3. Setiap anggota mempunyai kedudukan dan tugas yang jelas
4. Terdapat tujuan tertentu


     Dari keempat unsur di atas dapat disimpulkan bahwa definisi organisasi adalah sekumpulan orang yang bekerjasama untuk mencapai satu tujuan yang sama dimana setiap orang memiliki tugas serta tanggung jawab masing-masing.



Organisasi Formal

     Memiliki suatu struktur organisasi, pembagian tugas, tujuan, serta wewenang yang jelas dan dijalankan dengan tersusun dan terencana.
Contoh: - Perseroan Terbatas
               - Badan Pemerintah
               - Universitas



Organisasi Informal

     Memiliki tujuan bersama yang dijalankan secara sadar maupun tidak sadar, bahkan kadang tujuan organisasi yang bersangkutan tidak terspesifikasi.
Contoh: - Pertemuan makan malam bersama yang tidak resmi






Sumber: www.slideshare.net/ayudiah775