Jumat, 28 November 2014

Sarana Manajemen

     Dalam proses mencapai suatu tujuan pasti diperlukan alat-alat atau sarana. Sarana merupakan syarat suatu usaha untuk dapat mencapai hasil yang diinginkan. Demikian juga manajemen. Dalam manajemen sarana tersebut dikenal sebagai 6M, yaitu man, money, material, machine, method, dan market.

1. Man
    Hal pertama yang diperlukan tentu saja manusia sebagai sumber daya dalam organisasi. Manusia adalah faktor yang paling menentukan dalam manajemen. Manusia yang membuat tujuan dan manusia juga yang melakukan proses untuk mencapai tujuan tersebut. Pada dasarnya manusia adalah makhluk kerja. Orang-orang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan sehingga terbentuklah manajemen. 

2. Money
    Uang adalah alat tukar dan alat pengukur nilai. Uang merupakan salah satu unsur penting dan tidak dapat diabaikan karena harus diperhitungkan secara rasional. Besar-kecilnya hasil kegiatan dapat diukur dari jumlah uang yang beredar di perusahaan. Hal ini akan berhubungan dengan berapa jumlah uang yang harus disediakan untuk membiayai gaji para tenaga kerja, alat-alat yang dibutuhkan dan harus dibeli, serta berapa hasil yang akan dicapai dalam suatu organisasi. 

3. Material
    Bahan-bahan yang diperlukan dalam perusahaan terdiri dari bahan setengah jadi dan bahan jadi. Dalam dunia usaha untuk mencapai hasil yang lebih baik, selain manusia yang ahli dalam bidangnya, juga dibutuhkan bahan-bahan sebagai salah satu sarana penunjang. Sebab materi dan manusia tidak dapat dipisahkan. Tanpa materi tidak akan tercapai hasil yang dikehendaki. 

4. Machine
     Mesin digunakan untuk mengolah bahan-bahan yang akan digunakan dalam perusahaan yang tidak dapat ditangani sendiri oleh manusia. Mesin dapat memberi kemudahan atau menghasilkan keuntungan yang lebih besar serta menciptakan efisiensi kerja. 

5. Method
    Merupakan suatu tata cara kerja yang memperlancar jalannya pekerjaan manajer. Sebuah metode dapat dinyatakan sebagai penetapan cara pelaksanaan kerja suatu tugas dengan memberikan berbagi pertimbangan kepada sasaran, fasilitas-fasilitas yang tersedia dan penggunaan waktu, serta uang dan kegiatan usaha. Jika metode yang digunakan sudah baik namun orang yang melaksanakannya tidak mengerti atau tidak mempunyai pengalaman, maka hasilnya tidak akan memuaskan. Dengan demikian peran utama dari manajemen tetap manusianya sendiri. 

6. Market
    Pasar adalah tempat dimana sebuah organisasi menyebarluaskan (menjual) produknya. Pemasaran produk sangat penting agar organisasi dapat berjalan dan berkembang. Jika produk tidak laku tentu saja proses produksi akan terhenti dan proses kerja tidak akan berlangsung yang akhirnya perusahaan tersebut akan bangkrut. Oleh sebab itu, penguasaan pasar dalam arti menyebarkan hasil produksi merupakan faktor yang menentukan perusahaan. Agar pasar dapat dikuasai maka kualitas dan harga barang harus sesuai dengan selera konsumen dan daya beli konsumen yang dituju. 



Sumber: http://www.academia.edu/5415980/Pengertian_Manajemen_Management_dan_Manajer_Manager_